Sejarah

Sejarah Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa adalah Perpustakaan Perguruan Tinggi yang menyediakan berbagai koleksi untuk memberikan layanan kepada segenap civitas akademika dalam membantu proses belajar khususnya dan juga melayani masyarakat luas yang membutuhkan informasi. Perpustakaan juga mengadakan kerjasama dan aktif mengikuti kegiatan dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) DIY. Perpustakaan Universitas Sarjanawiyata berdiri sejak tahun 1956 semula bernama Taman Pustaka seiring dengan berdirinya Perguruan Tinggi Tamansiswa yang semula bernama Taman Prasarjana didirikan oleh Ki Hajar Dewantara. Semula perpustakaan bernaung dibawah urusan Bagian Pendidikan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa yang dikelola saat itu oleh Ki Soeharto masih menjadi satu dengan Perpustakaan Dewantara Kirti Griya yang sekarang menjadi Museum Pribadi Ki Hajar Dewantara Kirti Griya.

Seiring dengan berkembangnya Fakultas dan Program Studi Taman Prasarjana tersebut maka perpustakaan kemudian dipisahkan menjadi dua yaitu yang pertama dan utama adalah Perpustakaan Pribadi Ki Hajar Dewantara Kirti Griya yang berlokasi di Jalan Tamansiswa 121 di komplek Pendopo Tamansiswa di sebelah utara. Perpustakaan ini mengelola dan melestarikan semua koleksi benda-benda bersejarah, karya-karya tulis dan perjuangan milik pribadi Ki Hajar Dewantara dan kehidupan keluarga Ki Hajar Dewantara. Dan yang kedua masih bernama Taman Pustaka Prasarjana yang berlokasi di komplek Pendopo Tamansiswa yang menempati gedung lama (sekitar tahun 1965) berdekatan dengan sekolahan Ibu Pawiyatan (belakang Pendopo Tamansiswa). Jurusan yang ada pada saat itu adalah Jurusan/Fakultas Hukum, Sejarah, Etnografi. Taman Pustaka Prasarjana yang dalam perkembangannya pada tahun 1970an menempati gedung baru sebelah selatan Pendopo di lantai 2 dibawah koordinasi Ki Junaeri Staf Majelis Luhur Tamansiswa, yang kemudian menjadi nama Sarjanawiyata (Universitas) Tamansiswa.

ESTAFET KEPEMIMPINAN

Tahun 1956 – 1974 Nyi Hajar Dewantara
Tahun 1975 – 1979 Ki Djunaeri, Staf Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa
Tahun 1980 – 1990 Nyi Sutarti, BA., Staf Sarjanawiyata (Universitas) Tamansiswa mulai perpindahan dari Majelis Luhur Tamansiswa ke Sarjanawiyata (Universitas) Tamansiswa
Tahun 1991 – 1993 Nyi Dra. Sukarni
Tahun 1991 – 2008 Nyi Dra. V. Rubiyah
Tahun 2008 – 2011 Nyi Mintarsih D., S.Pd.
Tahun 2012 – 2017 Nyi Dra. V. Rubiyah, M.IP.
Tahun 2018 – 2020 Ki  Y. Sudarwanto, S.E
Tahun 2020 – Sekarang Ki Dr.Drs.Slamet Priyanto,M.Pd

Perpindahan Gedung Perpustakaan UST

Dari awal th. 1956 – … di Jl. Tamansiswa 121 belakang Pendopo Tamansiswa Agung Tamansiswa.
Tahun 1976 – 1990 menempati gedung baru lantai 2 sebelah selatan Pendopo Agung Tamansiswa.
Tahun 1990 – 2000 menempati ruang kuliah lantai 1 di kompleks kampus FKIP Tuntungan.
Tahun 2000 – sekarang menempati ruang kuliah lantai 1 dan 2 di kompleks kampus Tempel Wirogunan.
Bulan Maret 2015 Fakultas Pertanian pindah menempati Gedung Baru dan Perpustakaan menjadi satu dengan Perpustakaan Pusat.